Sabtu, 25 Mei 2013

Kegiatan olahraga di sekolah hindarkan remaja dari bullying

Rizkie's BLOG__Kegiatan olahraga di sekolah diketahui memiliki manfaat kesehatan. Namun baru-baru ini peneliti menemukan manfaat lain dari olahraga, yaitu menghindarkan remaja putri dari tindak kekerasan dan menghindarkan remaja laki-laki dari bullying di sekolah.


Penelitian ini dilakukan pada 1.800 pelajar Sekolah Menengah Atas berusia 14 sampai 18 tahun di North Carolina Youth Risk Behaviour Survey. Dari data tersebut peneliti menemukan bahwa 25 persen anak bermain olahraga tim, sembilan persen olahraga individu, dan 17 persen bermain di keduanya.


Hasilnya diketahui remaja perempuan yang ikut olahraga lebih sedikit melakukan tindak kekerasan atau menjadi korban dalam kekerasan dibandingkan remaja putri yang tidak mengikuti olahraga (14 persen dan 22 persen). Remaja putri yang mengikuti olahraga juga diketahui berkemungkinan lebih kecil membawa senjata tajam ke sekolah.

Meski begitu, bermain olahraga tampaknya tak menjauhkan remaja laki-laki dari tindak kekerasan. Peneliti tak menemukan adanya perbedaan kecenderungan terhadap remaja laki-laki membawa senjata tajam, baik pada mereka yang ikut olahraga atau tidak.

"Berpartisipasi dalam olahraga bisa menghindarkan murid perempuan untuk melakukan aktivitas yang mengandung kekerasan. Sementara tidak pada muris laki-laki karena kekerasan telah menjadi hal biasa dalam olahraga mereka," ungkap peneliti Dr Tamera Coyne-Beasley dari University of North Carolina, Chapel Hill, seperti dilansir oleh US News (05/05).

Namun penelitian menemukan bahwa remaja laki-laki yang mengikuti olahraga tim di sekolah cenderung terhindar dari aksi bullying dibandingkan dengan remaja laki-laki yang mengikuti kegiatan olahraga individu. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh lingkungan pergaulan dan tim yang mereka bentuk ketika melakukan aktivitas. Remaja laki-laki yang tergabung dalam kelompok atau komunitas tertentu jarang mengalami bullying.




Sumber : Merdeka

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...