Sabtu, 25 Mei 2013

Orang dengan IQ tinggi lebih mudah berkonsentrasi


Rizkie's BLOG __IQ yang menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang ternyata juga berkaitan dengan kemampuan berkonsentrasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki IQ lebih tinggi lebih fokus berkonsentrasi dan tak mudah terganggu dengan keramaian di sekitarnya.

Sebaliknya, dibanding terganggu dengan pergerakan besar di sekitar mereka, orang dengan IQ tinggi lebih mudah mendeteksi gerakan dari benda-benda kecil. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan uji coba pada 53 orang dengan tes visual sederhana.

Dalam penelitian, partisipan diminta untuk melihat video klip singkat yang menunjukkan gerakan dua balok hitam putih di layar komputer. Partisipan diminta untuk menebak arah gerakan dua balok tersebut selanjutnya. Selain itu mereka juga diminta melakukan tes IQ.


"Dari penelitian sebelumnya, kami menebak bahwa semua partisipan pasti memiliki skor yang buruk dalam mendeteksi gerakan dari gambar besar, namun orang dengan IQ tinggi ternyata lebih buruk," ungkap Michael Melnick dari University of Rochester, seperti dilansir oleh BBC (24/05).

Peneliti menjelaskan bahwa gerakan besar tidak begitu penting jika dibandingkan dengan gerakan obyek kecil. Ketika IQ seseorang bertambah, kemampuan mereka untuk menyaring gerakan besar yang mengganggu di sekitar mereka juga meningkat sehingga mereka bisa berkonsentrasi lebih baik.

Dalam penelitian pada 12 orang, terdapat 64 persen kaitan antara penyaringan gerakan dengan tes IQ. Sementara pada penelitian yang lebih besar dengan 53 orang ini, terdapat kaitan sebesar 71 persen.

Meski begitu kemampuan untuk menyaring gerakan yang tak penting bukan satu-satunya hal yang dikaitkan dengan kecerdasan. Peneliti menjelaskan bahwa kecerdasan adalah hal yang besar dan tak bisa haya dilihat melalui satu bagian otak atau kemampuan seseorang.



Sumber : Merdeka

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...