Jumat, 01 November 2013

Awas, makan malam di depan TV bikin cepat gendut!


Awas, makan malam di depan TV bikin cepat gendut!
ilustrasi keluarga makan bersama.


Rizkie's BLOG - Apa Anda sering makan malam di depan televisi? Sebaiknya mulai hilangkan kebiasaan itu jika tak mau cepat gendut. Sebuah penelitian mengungkap bahwa makan malam di depan televisi bisa membuat orang cepat gemuk dibandingkan jika mereka makan bersama keluarga di meja makan.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti Dr Brian Wansink di Cornell University di Amerika Serikat dan Dr Ellen van Kleef dari Wageningen University di Belanda ini menjelaskan bahwa lingkungan saat makan bisa mempengaruhi berat badan. Peneliti memperhatikan kaitan antara kebiasaan makan malam dengan BMI dari 190 orang tua dan 148 anak.

Diketahui bahwa orang tua dan anak yang sering makan di depan televisi memiliki BMI yang lebih tinggi dibandingkan dengan keluarga yang makan di meja makan atau ruang makan dan tidak dekat dengan televisi, seperti dilansir oleh Daily Mail (31/10).

Selain itu, diketahui juga bahwa anak perempuan yang suka membantu orang tuanya menyiapkan makan malam cenderung memiliki tingkat BMI lebih tinggi dibandingkan anak perempuan yang tidak membantu orang tuanya menyiapkan makan malam.

Peneliti menekankan pentingnya aspek sosial serta efek menonton televisi terhadap berat badan dan BMI. Interaksi antar keluarga ditengarai bisa memberikan efek yang lebih sehat dan tidak membuat berat badan bertambah.

Masih belum jelas mengapa makan di depan televisi bisa menyebabkan gemuk. Namun peneliti berpendapat bahwa hal ini berkaitan dengan kebiasaan makan yang terganggu. Peneliti berharap masyarakat akan semakin sering makan malam bersama keluarga di meja makan untuk mencegah obesitas dan meningkatkan interaksi serta hubungan dalam keluarga.



Sumber : Merdeka

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...