Senin, 04 November 2013

Lakukan seks saat remaja tingkatkan risiko kanker serviks



 Ilustrasi remaja murung.


Rizkie's BLOG - Baru-baru ini Indonesia digemparkan dengan video siswa SMP yang melakukan adegan mesum di sekolah. Tak hanya itu, dikabarkan bahwa para siswa tersebut tak hanya satu kali melakukan, melainkan sudah lima kali. Hal ini tentunya membuat banyak orang tua dan masyarakat Indonesia miris.

Bagaimana tidak, kasus tersebut menunjukkan bagaimana remaja di Indonesia telah berani melakukan hubungan seksual di luar nikah dengan mudahnya. Padahal melakukan hubungan seksual saat masih remaja bisa memberikan banyak dampak buruk, terutama dalam hal kesehatan.

Sebuah penelitian pada tahun 2009 menunjukkan bahwa wanita yang sudah melakukan hubungan seksual di usia remaja, yaitu usia 13 tahun ke atas memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker serviks. Hasil ini didapatkan melalui penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer.

Penelitian yang dilakukan oleh International Agency for research on Cancer pada 20.000 wanita tersebut menunjukkan bahwa selain berisiko terkena kanker serviks, wanita yang melakukan seks terlalu dini juga lebih berisiko terkena penyakit seksual yang menular, seperti dilansir oleh Telegraph (22/12/09).

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2007 mengungkap bahwa remaja yang melakukan hubungan seksual terlalu dini memiliki kemungkinan menjadi pelaku kejahatan jika mereka sudah dewasa. Hasil ini didapatkan melalui penelitian oleh peneliti asal Ohio State University setelah mengamati 7.000 remaja yang melakukan seks terlalu dini.

Remaja usia sekolah yang melakukan seks terlalu dini menunjukkan peningkatan perilaku kejahatan sebanyak 20 persen dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan hubungan seksual. Sementara remaja yang menunggu hingga cukup umur untuk melakukan hubungan seksual diketahui mengalami penurunan kemungkinan tindak kejahatan hingga 50 persen.

Peneliti berpendapat bahwa hal ini berkaitan dengan lingkungan pergaulan anak. Remaja usia sekolah yang melakukan hubungan seks terlalu dini kemungkinan memiliki teman lain di luar sekolah yang lebih tua dan lebih memahami masalah seksual. Namun selain itu, teknologi seperti internet juga bisa menjadi salah satu rujukan bagi para remaja dalam hal seksual.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...